Minggu, 14 September 2014

MEE SIAM MALAYSIA



Jalan-jalan di dunia maya,nyari-nyari resep masakan..eh ga sengaja ketemu blog masak bareng yuk,wah kayanya seruu deh,jadi pingin banget buat ikutan event-event yang ada.Ternyata bulan Agustus - Oktober eventnya bertema Kuliner Malaysia,wah antusias sekali saya pingin ikutan...Tapi masakan Malaysia yang saya kenal cuma Laksa,Nasi Lemak,Nasi Kandar dan Cane.

Saya sih ga pernah ngerasain masakan itu langsung di negerinya Upin Ipin itu ya,hanya saja kalau sekedar yang saya sebutkan tadi sudah banyak yang jual di Indonesia tercinta..Jadi icip-icipnya ya disini aja,kecuali Nasi Kandar,saya hanya kenal Nasi Kandar dari beberapa majalah yang pernah saya baca..hehe.

Sangking antusiasnya pingin ikutan,saya semalaman sibuk nanyain si mbah google "apa sih mbah masakan khas Malaysia?" Dari salah satu jawaban si mbah,saya tertarik sama resep MEE SIAM,akhirnya saya pun sempatkan membuat MEE SIAM perdana saya untuk diikutkan ke event pertama saya di MasBar :) Resepnya saya dapat dari sini ya..Silahkan di klik kalau mau liat resep aslinya..



Bahan :

  • 1 bungkus (300gr) bihun jagung
  • 200 gr tauge
  • 300 gr udang,bersihkan,goreng sebentar
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • Minyak untuk menumis secukupnya


Bumbu Haluskan :

  • 50 gr cabe kering
  • 8 bh bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 20 gr udang kering,seduh,tiriskan
  • 10 gr terasi

Cara Membuat :

1.Panaskan minyak dalam wajan,tumis bumbu halus hingga kekuningan,tambahkan gula dan garam,cicipi,sesuaikan rasanya.Ambil setengah bagian bumbu untuk kuah.

2.Kemudian masukkan tauge ke dalam wajan tadi,lalu aduk hingga rata,tambahkan udang dan bihun jagung,aduk hingga rata.Angkat.

Bahan Kuah :

  • 1/2 bagian bumbu halus
  • 1 liter air
  • 50 gr taucho
  • 100 gr gula pasir
  • 2 sdm air asam jawa
  • 1 sdt cuka makan
  • 1 sdt garam (atau secukupnya)
  • 100 gr kacang tanah,sangrai,kupas kulit,tumbuk kasar


Cara Membuat Kuah :

Masukkan setengah bumbu tadi ke dalam panci bersama air,taucho,gula dan garam.Biarkan mendidih,kemudian masukkan kacang dan air asam jawa.Cicipi rasanya,tambahkan jika ada yang kurang (kuah mee ini harus ada rasa manis,asam dan asin yang seimbang) matikan api.

Bahan pelengkap :

  • 10 butir telur rebus
  • 8 buah tahu goreng
  • 3 batang kucai,iris halus


Penyajian :

Tata dalam piring/mangkuk,tumisan bihun,irisan telur dan tahu,siram kuah dan taburi dengan daun kucai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar